Sunday, November 6, 2016

Informasi Penyakit Asam Urat, Pencegahan dan Obat Alami Untuk Menyembuhkannya



Apa itu asam urat? Berbicara mengenai adam urat, hal pertama yang akan terpikirkan ialah mengenai sebuah penyakit. Memang benar, ada penyakit asam urat yang telah dikenal banyak orang. Namun, sebenarnya asam urat itu sendiri merupakan sebuah senyawa yang akan dihasilkan oleh tubuh ketika zat purin masuk ke dalam tubuh. Jadi, nantinya zat purin yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi senyawa asam urat. Asam urat dikatakan sebagai sebuah penykit ketika kadar senyawa ini sangatlah berlebihan di dalam tubuh. Dengan kata lain, kadar asam urat yang tidak norml dan sangat tinggi di dalam tubuh membuat tumbulnya berbagai gejala asam urat. Untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan singkatnya sebagai berikut. 

Gambar diambil dari http://id.wikihow.com/Melarutkan-Kristal-Asam-Urat

Penyakit Asam Urat dan Pencegahannya

Seperti yang telah disebutkan di atas, penyakit asam urat itu sendiri disebabkan karena adanya kadar senyawa asam urat yang sangat berlebihan di dalam tubuh. Kadar asam urat tersebut kemudian menimbulkan peradangan persendian dengan beberapa gejala asam urat seperti:


1. Nyeri sendi

Pada hal yang satu ini, nyeri sendi akan dialami oleh para penderita asam urat. Persendian pada seluruh tubuh bisa nyeri ketika asam urat kambuh. Akan tetapi ada beberapa sendi yang paling sering mengalami gejala ini yaitu pada persendian jari tangan, jari kaki, lutut ataupun pada persendian pergelangan kaki. Jelaslah disini jika nyeri sendi yang dirasakan akan datang tiba-tiba dan biasanya nyeri akan sangat hebat. 

2. Pembengkakan

Selain nyeri sendi, di sekitar area sendi yang alami radang karea asam urat tinggi pun akan membengkak. Pembengkakan ini sangat umum terjadi kareana sifat radang yang biasanya akan menimbulkan inflamasi atau pembengkakan. 

3. Rasa panas

Rasa panas pada area persendian yang sedang alami radang juga menjadi gejala lain yang akan dirasakan oleh para penderita asam urat. 

4. Sulit digerakkan

Bukan hanya itu saja, area yang mengalami peradangan tersebut pun pada akhirnya akan sulit digerakkan. 

Gejala yang ditimbulkan ini akan dialami oleh para penderita kurang lebih selama 3 hingga 10 jam sebelum mereda. Setelah gejala di atas mereda, kulit di sekitar area persendian yang alami radang pun akan bersisik dan tidak jarang akan terasa gatal. 

Resiko Tinggi Asam Urat

Dalam hal ini, ada beberapa orang yang akan memilki resiko terkena penyakit asam urat. 

Laki-laki berumur 30 tahun lebih - Sumber Google Image dengan lisense Free to use, share or modify


1. Laki-laki berumur 30 tahun lebih

Orang yang pertama ialah para laki-laki yang telah berumur 30 tahunan lebih. Ya, laki-laki memang memiliki resiko yang lebih tinggi daripada perempuan pada umur yang sama. 

2. Perempuan yang telah menopause

Namun, resiko penyakit asam urat tinggi akan cukup tinggi pada wanita ketika mereka telah alami menopause. Jadi, bukan hal yang aneh apabila para penderita kebanyakan mereka yang telah berumur. 

3. Memiliki keturunan asam urat

Faktor keturunan atau genetika membuat seseorang akan mempunyai resiko terkena penyakit asam urat lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang keluarganya tidak memiliki riwayat asam urat dalam keluarga.

4. Penderita penyakit tertentu

Adapun para penderita penyakit diabetes, hipertensi dan ginjal akan memiliki resiko lebih besaf terhadap penyakit asam urat. Kondisi obesitas juga biasanya sangat mendukung timbulnya penyakit asam urat ini. 

5. Penikmat makanan mengandung purin tinggi

Untuk mereka yang senang konsumsi makanan mrngandung purin tinggi seperti daging merah, benerapa jenis seafood dan lainnya pun akan memiliki resiko lebih besar terkena penyakit asam urat. Lantas, bagaimanakah dengan penyakit asam urat dan pencegahannya? Inilah penjelasan mengenai cara pencegahan dan juga obat penyakit asam urat ini.

Cara Pencegahan Penyakit Asam Urat

Dalam hal ini, sebenarnya ada hal yang dapat dilakukan untuk mencegah atau pun mengurangi resiko terkena penyakit asam urat dan juga meminimalisir kambuhnya asam urat bagi para penderita penyakit yang satu ini. Lalu, apa saja hal yang dapat dilakukan? 


Cara modern terbaru untuk menyembuhkan asam urat adalah dengan melalui detoksifikasi. Tapi jangan sembarang detok, karena anda harus memilih produk detok untuk asam urat yang telah terbukti dan di produksi oleh perusahaan yang terpercaya. Untuk info lebih lanjut mengenai pengobatan herbal asam urat dengan detoksifikasi silahkan kunjungi website www.SmartDetoxGuru.com


1. Lakukan pola hidup sehat

Tentu saja hal paling utama yang harus anda lakukan yaitu melakukan pola hidup sehat. Memang malakukan pola hidup sehat bukan hanya bagi mereka para penderita asam urat saja. Namun, khusus untuk penderita penyakit yang satu ini, memiliki pola hidup yang sehat akan sangat berpengaruh pada kadar asam urat ada. Dengan kata lain, para penderita mampu untuk menjaga kadar asam urat agar tetap normal. Ada banyak hal yang dapat dilakuakan disini seperti konsumsi makanan sehat dan berolahraga.

Menjalani Hidup Sehat - Gambar dari pixabay.com


Masalah makanan sehat yang harus dikonsumsi, inilah daftarnya untuk para penderita asam urat. 

  • Makanan berserat tinggi
Makanan yang mengandung serat tinggi menjadi makanan yang sangat baik bagi para penderita asam urat. Mengkonsumsinya secara teratur bisa menormalkan kadar asam urat yang ada dalam tubuh. Contoh makanan dengan kandungan serat tinggi ialah oats dan sayuran. 

  • Sayuran
Sayuran jelas menjadi makanan yang jangan sampai terlewatkan. Untuk penderita asam urat, sayur seperti brokoli, seledri dan wortel sangat dianjurkan menjadi menu makanan sehari-hari. Khusus mengenai sayur, ada beberapa jenis sayur yang justru bisa memicu peradangan sendi. Oleh karena itu, pemilihan sayur yang tepat akan menjadi hal terbaik yang dapat dilakukan para penderita asam urat. 

  • Buah
Bukan hanya sayur, buah pun menjadi makanan lain yang sangat baik untuk menjaga menormalkan kadar asam urat yang ada. Bahkan, beberapa buah seperti pisang, alpukat, apel dan cherry sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebab kandungan gizinya mampu normalkan kadar asam urat. Bukan hanya untuk menormalkan saja, buah di atas khususnya cherry pun dapat dikonsumsi untuk kurangi rasa nyeri saat gejala asam urat kambuh. 

  • Susu rendah lemak
Susu rendah lemak menjadi minuman yang bisa membantu turunkan kadar asam urat yang tinggi. Maka dari itu, susu rendah lemak menjadi minuman yang baik bagi para penderita asam urat. 

  • Air putih dan teh hijau
Selanjutnya ialah air putih dan teh hijau. Kedua minuman ini sebaiknya menjadi minuman yang harus dipilih. Jadi, daripada minuman beralkohol dan softdrink, para penderita asam urat lebih baik memilih air putih dan teh hijau. 

2. Hindari makanan tinggi purin

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya jika makanan yang mempunyai kandungan purin tinggi akan memicu kambuhnya penyakit asam urat. Apalagi jika penderitanya mengkonsumsinya secara berlebihan. Maka bukan hal yang aneh jika kadar mereka akan memiliki kadar asam urat tinggi. Di bawah ini, ada makanan-makana yang sebaiknya dihindari oleh para penderita asam urat. 

  • Makanan laut
Makanan laut memang memiliki kandungan purin yang tinggi. Beberapa jenis seafood seperti kerang, ikan asin, tuna dan ikan teri sebaiknya dihindari agar kadar asam urat bisa terkontrol dengan baik. Akan tetapi, ada jenis seafood yang aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes seperti udang, lobster, kepiting dan juga belut. 

  • Daging merah
Daging merah misalnya daging kambing, sapi maupun kuda memang dianjurkan untuk dihindari. Mengandung purin yang sangat tinggi membuat kadar senyawa asam urat dakam tubuh sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan peradangan sendi dengan gejala yang telah disebutkan di atas. Oleh karena itu, mengganti daging merah dengan makanan yang lebih sehat wajib dilakukan. 

  • Minuman beralkohol
Minuman beralkohol menjadi salah satu penyebab kambuhnya penyakit asam urat. Maka dari itu, menghindari minuman yang satu ini menjadi hal yang harus dilakukan para penderita asam urat jika mereka ingin mnormalkan kadar asam urat dalam tubuh. 

  • Daging kalkun
Selain daging merah, daging yang terkenal memiliki kadar purin tinggi yaitu daging kalkun. Memang, di Indonesia sendiri jarang ditemukan orang yang mengkonsumsi daging kalkun. Tapi, untuk penderita asam urat, tidak ada salahnya untuk mengetahui bahwa daging kalkun adalah makanan pantangan bagi para penderita adam urat. 

  • Ragi
Ragi menjadi pantangan lain yang sebaiknya dihindari. Ragi dan juga semua makanan olahan mengandung bahan ini tidaklah baik bagi kesehatan para penderita asam urat. Jadi, bukan hanya raginya saja yang harus dihindari, akan tetapi berbagai macam makanan dengan ragi seperti tape pun sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat. 

  • Soft drink
Selain alkohol, minuman yang sangat tidak baik bagi para penderita asam urat yaitu soft drink. Terlalu banyak meminum soft drink nantinyabisa memicu kadar asam urat tinggi sehingga membuat peradangan pada sendi pun terjadi. 

  • Sebagian sayuran
Sayuran memang menjadi salah satu makanan sehat yang harus dikonsumsi. Tapi, bagi para penderita asam urat, mereka wajib tahu apabila ada beberapa jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi atau menjadi pantangan. Beberapa sayuran seperti daun pepaya, buncis, bayam, melinjo dan kembang kol termasuk dalam sayuran yang sebaiknya dihindari.

  • Jeroan
Inilah makanan yang sering menyebabkan penyakit asam urat kambuh. Menskipun menjadi favorit banyak orang, kandungan purin yang sangat tinggi pada jeroan membuat para penderita asam urat harus menghindari makanan yang satu ini. 

  • Olahan daging
Olahan daging pun termasuk dalam makanan pantangan bagi para penderita asam urat. Olahan daging seperti dendeng dan abon nyatanya akan sama buruknya seperti daging sebab bisa sebabkan peradangan sendi. 

  • Makanan kaleng
Sarden dan kornet mungkin menjadi makanan yang banyak dicari orang. Namun, bagi anda para penderita asam urat sebaiknya mulai menghindari makanan tersebut karena makanan kaleng berpotensi tinggi sebabkan kambuhnya asam urat. 

Obat Asam Urat Alami

Apabila penyakit asam urat kambuh, dalam hal ini ada beberapa cara pengobatan yang dapat dilakukan. Yang pertama ialah melakukan pengobatan modern dengan memeriksakan dir ke dokter. Biasanya, nantinya dokter akan memberikan obat asam urat dengan golongan steroid bagi para penderitanya. Dengan mengkonsumsi obat tersebut, gejala asam urat bisa diatasi dam kadar asam urat dalam tubuh pun akan kembali normal. 

Selain pengobatan modern, para penderita asam urat pun bisa memilih pengobatan alami. Disini, ada dua obat asam urat alami yang dapat dipilih. Apa sajakah itu? Langsung saja anda baca penjelasan mengenai hal tersebut seperti yang ada pada paragraf di bawah ini. 

1. Pengompresan dengan air es

Pengompresan dengan air es bisa dilakukan saat gejala asam urat sedang kambuh. Hal yang harus dilakukan ialah memasukkan es dalam kantong lalu boleh dilapisi dengan handuk tipis dan menempelkan pada bagian persendian yang sakit. Pengompresan selama beberapa menit bisa membantu kurangi gejala asam urat tersebut sebelum melakukan pengobatan lanjutan. 

2. Terapi air hangat

Untuk menjaga menormalkan kadar asam urat, ada baiknya para penderitanya melakukan terapi air hangat. Terapi ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Cukup sediakan air hangat dalam bejana dan rendam kaki anda selama beberapa menit. Manfaat terapi air hangat ini ilalah aliran darah akan menjadi lebih lancar sehingga mampu menstabilkan kadar asam urat dalam tubuh. 

Obat Asam Urat Tradisional

Pengobatan selanjutnya yang dapat para penderita penyakit asam urat lakukan yaitu dengan pengobatan secara tradisional. Bicara mengenai cara pengobatan yang satu ini, sebenarnya ada beberapa hal yang harus dipahami. Misalnya saja ialah melakuan pengobatan tradisional nyatanya akan berikan manfaat baik. 



Yang pertama adalah pengobatan secara tradisional tidak akan memberikan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Seperti yang kita tahu jika dalam pengobatan tradisional, bahan yang dipilih yaitu bahan-bahan alami sehingga tidak ada efek samping yang akan membahayakan kesehatan tubuh ketika obat tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama. Sangat berbeda dengan obat-obatan modern yang apabila dikonsumsi dalam jangka waktu lama bisa membuat kerusakan hati misalnya. 

Bukan hanya itu saja, apabila anda memilih obat tradisional untuk pengobatan asam urat, bahan tradisional yang diperlukan biasanya cukup mudah didapatkan atau bahkan anda bisa budidayakan tanaman tersebut agar anda bisa gunakan saat diperlukan tanpa harus membelinya. Ditambah dengan manfaat ampuhnya, obat tradisional bisa menjadi alternatif tepat untuk anda para penderita asam urat.
Dalam hal ini, pengobatan asam urat bisa menggunakan beberapa tanaman alami. Apa saja tanaman yang dapat atasi masalah peradangan sendi karena asam urat ini? Berikut ada daftar tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional asam urat. 

1. Daun sirsak

Daun sirsak bisa menjadi obat asam urat yang sangat baik. Mengandung berbagai kandungan yang baik untuk redakan nyeri sendi, tentu saja daun ini bisa menjadi pilihan tepat bagi para penderita asam urat. Cara mengkonsumsinya sangatlah mudah. Yang harus dilakukan ialah merebus daun sirsak dan minum air rebusannya secara rutin. 

2. Jahe

Ada juga jahe yang akan membantu anda saat asam urat sedang kambuh. Selain bisa meredakan nyeri sendi karena peradangan akibat asam urat, jahe pun bisa keluarkan tumpukman senyawa asam urat pada persendian sehingga penyakit ini bisa teratasi dengan baik. Anda bisa mmebuat sup jahe atau pun minuman jahe untuk dikonsumsi. 

3. Cengkeh

Cengkeh yang ditumbuk dengan jahe dapat menjadi obat luar ketika peradangan sendi terjadi. Disini, pengolesan tumbukan cengkeh dan jahe tersebut mampu atasi rasa sakit pada persendian akibat menumpuknya senyawa asam urat para persendian. 

4. Kulit manggis

Kemudian, kulit manggis dapat menjadi pilihan lain untuk pengobatan asam urat. Disini, kulit manggis sebaiknya diiris tipis kemudian dijemur hingga kering sebelum diseduh. Dalam proses penyeduhannya sendiri, sebaiknya tunggu air agar berubah warna sehingga kandungan baik kulit manggis bisa didapatkan. 

5. Bunga rosela

Bunga rosela menjadi obat asam urat tradisional selanjutnya. Mengkonsumsi seduhan bunga rosela ini mampu mengurangi terjadinya radang pada persendian yang diakibatkan karena menumpuknya asam urat. 

Demikianlah informasi seputar penyakit asam urat, pencegahan dan obat alami yang bisa saya share. Kalau bermanfaat silahkan dishare agar lebih banyak orang yang tahu tentang bagaimana cara mencegah sedini mungkin penyakit asam urat, kalau butuh info lebih lengkap lagi ditambah informasi program detok untuk asam urat silahkan lihat disini http://www.smartdetoxguru.com/category/asam-urat/

No comments:

Post a Comment